Sebelumnya gue minta kiss (terima kasih) ma lo semua yang telah berbaik hati mau menginjakkan kursor mouse lo ke blok gue, harap maklum yee, berhubung blog gue masih tahap pembangunan jadi meludah aja sesuka lo, Harap Bantuannya agar blog gue bisa (eneg) enak dipandang. sekali lagi terima kasih

Rabu, 28 September 2011

KEBIJAKAN PERUSAHAAN (BUSINESS POLICY)

ANALISA LINGKUNGAN PERUSAHAAN

proses perumusan strategi, kebijaksanaan, serta taktik dirancang untuk mengarahkan para manajer dalam mencapai tujuan-tujuan perusahaan secara nyata. penentuan strategi yang cocok/tepat harus dimulai dengan mengidentifikasi, manganalisa dan mendiagnosa kesempatan-kesempatan dan resiko-resiko yang ada dalam lingkungan. ini penting agar menajemen menghadapi situasi dan kondisi lingkungan dimana perusahaan melaksanakan kegiatan-kegiatannya, sehingga akan memiliki landasan yang kuat untuk menggariskan kebijaksanaan yang ditempuh dan tindakan pelaksanaan pencapaian tujuan perusahaan.


IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR LINGKUNGAN PERUSAHAAN

ada sekumpulan besar faktor-faktor ekstren, sebagian besar tak dapat dikendalikan (uncontrollable) yang mempengaruhi pengambilan keputusan perusahaan untuk memilih dan meletakkan dasar-dasar strategi, kebijaksanaan dan taktik mengarahkan kegiatan-kegiatan maupun kegiatan-kegiatan itu sendiri, serta proses-proses intern dan struktur organisasi perusahaan.
faktor-faktor yang saling berinteraksi satu sama lain, dapat dibagi menjadi dua bagian yang saling berhubungan yaitu lingkungan makro (remote environment) dan lingkungan mikro atau lingkungan tugas (task environent).
A. Lingkungan Makro

lingkungan makro tersusun dari sekumpulan kekuatan-kekuatan yang timbul dan berada diluar jangkauan serta biasanya terlepas dari situasi operasional sesuatu perusahaan.
a. keadaan politik
b. keadaan ekonomi
c. lingkungan sosial
d. perkembangan teknologi

B. Lingkungan Mikro
konsep lingkungan mikro atau lingkungan tugas (task environent) berkenan dengan faktor-faktor dalam situasi persaingan dan harus dihadapi perusahaan.
a. profil langganan
b. posisi persaingan
c. saluran dsitribusi
d. supplier dan kreditur
e. pasar tenaga kerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar